Solusi menulis berita Humor bagi pemula

buruh aja kartu kredit lebih dari satu
Apakah Anda sering melihat bahkan membacanya tulisan-tulisan humor yang menghiasi media cetak harian atau koran kesayangan anda ?  Di tengah-tengah berita trending topik yang isinya serius, tulisan bernuansa humor bisa menjadi penyejuk saat membaca berita. Setiap media mempunyai standar sendiri tentang berita humor yang pantas untuk segmen pembacanya.
Rubrik  Nah Ini Dia di Pos Kota, misalnya, mengupas berita seputar cerita rakyat kecil di seputar hubungan rumah tangga.  Majalah Tempo pernah  memiliki rubrik Indonesiana yang berisi berita humor terutama dari cerita di berbagai pelosok Tanah Air. Majalah Gatra mempunyai rubrik Gatrasiana yang konsepnya sama dengan Tempo. Reuters juga mempunyai rubrik Odd News mengupas berita yang ganjil.
Tikus aja pake helm kalo mau kena jebakan
Seringkali berita-berita tersebut masuk kategori paling popular. Tapi sebenarnya tidak mudah menulis berita humor. Penulis yang handal memang bisa menulis dengan gaya  sendiri-sendiri secara mengalir wajar. Bagi penulis pemula, ada baiknya belajar menulis humor dengan beberapa tips berikut :
  1. Tidak semua berita bisa menjadi cerita humor. Berita yang bisa dibuat lucu tentunya harus memenuhi syarat. Intinya, kisah  yang terjadi  tidak wajar, aneh, atau minimal jarang ditemui. Misalnya, maling terkunci di  rumah korban, sopir tertidur di tengah jalan tol yang menyebabkan kemacetan panjang, heli militer turun di kebun kentang dan sebagainya.
  2. Setiap wartawan punya gaya sendiri dalam menulis berita di media. Jadi gunakan gaya masing-masing dalam menulis berita humor. Ada yang gemar menulis cerita humor di seputar seks, hubungan suami istri, kisah polisi, kartu kredit, kredit tanpa anggunan dan seterusnya. Pada prinsipnya, semakin mengenal lingkungan yang menjadi bahan cerita, penulis akan lebih mudah dalam otak-atik cerita.
  3. Cerita humor pada prinsipnya mengandalkan kejutan-kejutan dalam kisahnya. Pada prinsipnya, kejutan terjadi karena cerita tiba-tiba berbelok.Misalnya, pada awalnya seorang maling sudah banyak menggondol banyak barang. Tapi tanpa disangka dia terkunci oleh teman sendiri. Temannya itu  tiba-tiba lari setelah penduduk mulai mengepung rumah. Tanpa sadar ia mengunci pintu. Jika ceritanya lurus, maling itu akan membawa barang tanpa ketahuan. Jika ceritanya seperti itu, beritanya hanya masuk rubrik kriminalitas biasa.
  4. Agar tulisan mengejutkan pembaca, maka penulis tidak boleh terburu-buru dalam bercerita. Kisah yang berbelok dari biasanya, jangan buru-buru diceritakan. Kisah lucunya harus diungkap ketika pembaca menduga cerita akan lurus, maka penulis tiba-tiba menuliskan cerita yang ganjil tersebut. Pembaca yang tidak menyangka ceritanya akan menyimpang, dia akan ketawa setelah  tahu ada cerita aneh belakangan. Jadi, intinya penggalan cerita yang lucu harus ditampilkan pada saat pembaca mulai terkecoh.
  5. Pada prinsipnya penulis tidak perlu menambah-nambah cerita agar lebih lucu. Berita humor tetap harus berdasar fakta. Yang perlu dilakukan penulis adalah mencermati bagian-bagian yang lucu dari sebuah kisah untuk dieksplorasi. Jadi, penulis berita lucu tidak boleh menambah cerita fiktif.
  6. Aspek-apsek yang mempunyai nilai humor pada cerita bisa ditemukan pada beberapa hal. Misalnya pada kutipan aneh (ucapan orang), perilaku, jalinan cerita yang tidak wajar, lokasi yang tidak lazim, paham yang menyimpang dan sebagainya.  Penulis bisa saja menekankan satu aspek kelucuan untuk menghasilkan berita humor. Tapi semakin banyak aspek yang lucu makin baik tulisannya,  yang penting tidak dibuat-buat.
  7. Penulis berita tidak perlu cerewet dengan melawak sendiri. Penulis tidak perlu membuat komentar sendiri agar cerita terlihat lucu. Penulis hanya perlu menulis cerita yang sudah lucu menjadi lebih menarik.
     
Demikian beberapa langkah bagi pemula untuk menulis berita humor,
Bopak artis Lawak Indonesia
sedikit saya tulis cerita humor tentang " Kolektor Kartu Kredit "
Senin pagi…"RRRRRIIIINGGG!!!!!"

Kolektor : “Halo” “Pak Bopak, Tagihan bapak sudah jatuh tempo. Mohon segera bayar tagihannya”
Bopak     :  “Ok!”

Selasa besoknya…RRRRRIIIING!!!

Bopak     :  “Ya…”
Kolektor  : “Pak Bopak. Tagihannya belum dibayar. Segera bayar pak!”

Bopak     :  “Ok”
Kolektor  : “Ok kapan?”

Bopak     : “Besok!”
Kolektor  : " ditunggu ya pak janjinya !"


Rabu besoknya lagi…RRRRRIIIING!!!

Bopak     :  ( sambil angkat telpon lalu di diamkan saja )
Kolektor  : " Hall…."  "Anda gimana sih?!!! Kok Belum bayar !!!"

“…”  Tuuuuut!......................."

Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu dst…..

Kolektor  : " Hall…."  "Anda gimana sih?!!! Kok Belum bayar !!!"
Drrrrt.. Drrrrt !!! x 100 = 100

Drrrt!.................................

Bopak pun tertawa terkekeh saat beberapa panggilan dari bank kartu kredit tersebut
meninggalkan jejak missed call yang luar biasa banyaknya. Bopak memasukan lagi HPnya ke saku dan segera masuk kedalam rumah. Tampak istri bopak sudah menunggu sambil menatap bopak sayu.

Istrinya   : “Bapak, bank kartu kredit telpan-telpon mulu ke rumah. Bapak nggak bayar tagihan yah?”
Bopak    : “Ho-oh, lupa bu"… eemmm… males juga sih :d ”

Istrinya   : "Yah jangan dong pak, sudah mulai teror ke rumah tuh. Bayar dong tagihannya”
Bopak    : "Iya"

Istrinya   : “Emang tagihannya berapa sih pak?”
Bopak    : “250 ribu bu". Biaya keanggotaan doang”

Istrinya   : "Ya Alloooh…! Segitu doang ributnya kayak ngejar koruptor BLBI ajah”
Bopak    : “Ho-oh…”

Nah, sejak saat itu, Bopak segera melunasi semua tagihan kartu kreditnya. Mau cuman belanja 100 ribu, langsung aku lunasin besok paginya. Bopak pikir, masalah telefon tersebut sudah selesai…Tapi..………

Senin pagi…“RRRRRIIIINGGG!!!!!”

Sales KK dan KTA  : “Halo” “Pak Bopak, saya mau nawarin Pinjaman KTA neh pak. Nggak perlu pakai agunan… bla-bla-bla..”
Bopak                           : “Ogah!”

Selasa besoknya…RRRRRIIIING!!!

Bopak                      : “Ya…”
Sales KK dan KTA  : “Pak Bopak. Gimana tawaran Kredit Tanpa Agunannya pak?!”

Bopak                      : “Ogah”
Sales KK dan KTA  : “Kok Ogah, enak loh pak, langsung Kita transfer neh uangnya?”

Bopak                       : “Kirim ajah… Emang lu tahu no.rekening celengan kodok gua?!”


Rabu besoknya lagi…RRRRRIIIING!!!

Bopak                       : “ya..!” ( sambil didiamkan orang bank tersebut )
Sales KK dan KTA  : “Hal….” “200 jt saya kasih sekarang deh pak kalau bapak mau ambil KTA nya!!!”

“…” Tuuuuut!................

Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu dst….. Drrrrt.. Drrrrt !!! x 150 = 150 Drrrt!

Bopakpun tertawa terkekeh saat beberapa panggilan dari bank kartu kredit tersebut meninggalkan jejak missed call yang luar biasa banyaknya. Bopak memasukan lagi Hpnya ke saku dan segera masuk kedalam rumah. Tampak istri bopak sudah menunggu sambil menatap dengan senyuman dan gelengan kepala. 

Istirnya :  "Bapak, bank kartu kredit sudah telpan-telpon lagi ke rumah. ya ?” “Ngapain?”
Bopak    :   "Nawarin KTA katanya?"

Istrinya  :
"Kenapa bapak ditawarin?"
Bopak  :  "Katanya karena pembayaran tagihan kartu kreditnya bapak bagus"

Istrinya : "Oh… begitu" sambil mengerutkan dahimya.."
Bopak  : "Iya, emmm…. Ibuk jadi mikir ! " "Mikir apaan?"

Istrinya :
  "Aneh bener kartu kredit"
Bopak  :  "Aneh gimana maksudnya?"

Istrinya :  "Ya aneh, kalau telat bayar ditelponin kayak orang kesetanan. Kalau rajin bayar tetep ditelponin nawarin pinjeman KTA. Kayak buah simalakama aja."
Bopak  : "Ha..ha...ha..ha..… bener juga bu ya..haaa."
Bopak dan istrinyapun terdiam, sambil menatap beberapa kartu kredit penghias dompet yang baru mereka sadari ternyata kartu Kredit dan KTA seperti  buah simalakama di jaman Nabi

Ugh!



@



Solusi menulis berita Humor bagi pemula | Media Kartu Kredit