Pahamilah privasi disitus online

Melindungi privasi di online
Privacy dan Policy
Memahami privasi disitus online berguna untuk melindungi diri dari penyalahgunaan informasi, kemajuan teknologi dan internet memungkinkan kita untuk mengumpulkan berbagai informasi secara detil dan membagi informasi tersebut dengan mudah. Sebenarnya hal ini bagus, misalnya saat kita mendapat informasi yang berguna dan kita perlukan, tapi di saat yang sama, kita harus berhati-hati dan melindungi diri dari penyalahgunaan informasi. Sebagai pengunjung sebuah situs, Anda perlu mengetahui informasi/data apa yang direkam/diambil dari Anda dan bagaimana informasi/data itu digunakan. Informasi seperti ini bisa ditemukan di pernyataan kebijakan privasi di situs tersebut. Pahamilah apa yang Anda akan temui dan mengapa Anda harus membaca pernyataan tersebut. Bagaimana menemukan pernyataan kebijakan privasi situs online, Sebuah pernyataan kebijakan privasi sangat mudah ditemukan di situs. Kebanyakan situs meletakkannya di bagian  paling bawah situs atau di halaman layanan pelanggan. Carilah kata-kata "Privacy" (Privasi) atau "Information Practices" (Penggunaan Informasi) dan kliklah linknya. Hal-hal mendasar dari kebijakan privasi yang baik dan apa yang harus diperhatikan Tergantung pada alasan mengapa kita berkunjung ke sebuah situs, Anda bisa saja dengan senang hati memberikan informasi personal Anda saat Anda memahami bagaimana situs itu akan menggunakannya. Membaca pernyataan kebijakan privasi dapat membantu Anda untuk memutuskan seberapa banyak informasi yang bisa Anda berikan. 

Beberapa hal mendasar yang dimiliki sebuah kebijakan privasi adalah sebagai berikut:

pahamilah privasi di online
Pahamilah Privasi situs tersebut

Pemberitahuan,
Sebuah kebijakan privasi harus jelas menyatakan, dengan kalimat yang Anda mudah pahami, informasi apa yang dikumpulkan dan bagaimana informasi itu digunakan.

Pilihan,
Masing-masing pengunjung diberikan kesempatan untuk memutuskan bagaimana informasi diri yang dikumpulkan secara online boleh digunakan, khususnya jika situs tersebut berencana menggunakan data pribadi tersebut untuk keperluan lain seperti jual beli database, dll. Mekanisme untuk berpartisipasi atau membatalkan berpartisipasi, harus diberikan untuk memberikan kesempatan bagi masing-masing orang untuk mengambil keputusan bagaimana informasi diri mereka digunakan.

Akses,
Masing-masing individu harus diberikan cara untuk melihat dan memperbarui informasi diri mereka untuk
memastikan bahwa informasinya benar dan paling baru.

Keamanan.
Situs harus mengambil langkah-langkah yang masuk akal untuk memastikan bahwa data yang terkumpul terlindungi dari penggunaan atau pengubahan tanpa izin.

Layanan pelanggan,
Situs harus menyediakan mekanisme untuk Tanya-Jawab dan menyelesaikan keluhan pelanggan serta perselisihan dengan cepat dan responsif. Salah satu cara situs menunjukkan komitmennya terhadap layanan pelanggan adalah melalui sebuah "privacy seal".  Adanya "cap" jaminan bahwa situs ini menghargai privasi penggunannya dan mematuhi cara-cara terbaik dalam  proses penyelesaian perselisihan dengan pihak ketiga.
Tips untuk melindungi informasi pribadi

Bacalah pernyataan kebijakan privasi situs yang Anda kunjungi. Cari tahu apa informasi pribadi yang mereka kumpulkan, bagaimana informasi dikumpulkan dan kepada siapa informasi itu akan dibagikan. Jika Anda tidak bisa menemukan pernyataan tersebut, hubungi situs tersebut dan mintalah salinan pernyataan kebijakan privasinya atau mintalah pernyataan tersebut dimuat dalam situs.
Sebelum menanggapi kesempatan undian online berhadiah, survey, atau permainan yang mengharuskan Anda memberikan informasi pribadi sebagai syarat keikutsertaan, bacalah kebijakan privasinya dan aturan-aturan tambahan lain yang terkait dengan bagaimana mereka akan mempergunakan informasi pribadi Anda.
Pilihan Tepat ada ditangan anda
Pastikan bahwa situs yang mengumpulkan informasi personal tentang Anda, memberikan Anda pilihan untuk melanjutkan/berpartisipasi atau membatalkannya.



@



Pahamilah privasi disitus online | Media Kartu Kredit